3 Aksi Heroik Penyelamatan Satwa dari Kematian, Nomor Dua Bikin Tegang

3 Aksi Heroik Penyelamatan Satwa dari Kematian, Nomor Dua Bikin Tegang

JAKARTA, celebrities.id – Hewan merupakan makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Sering kali dalam situasi krisis, hewan membutuhkan bantuan manusia untuk keluar dari bahaya. 

Baik itu dari penyelundupan, bencana alam atau terperosok ke lubang, sudah tugas manusia untuk membantu hewan-hewan tersebut. Nah, berikut aksi-aksi heroik penyelamatan hewan, dilansir dari beragam sumber, Jumat (1/7/2022):

1. Penyelamatan Gajah yang Jatuh ke Lubang yang Dalam

Kisah penyelamatan heroik gajah yang masuk ke dalam lubang lumpur memang sudah tidak asing lagi. Kali ini, aksi heroik tersebut terjadi di negara bagian Karnataka, terpatnya di Desa Siddapura, Distrik Coorg, India Selatan.

Pada Mei 2021 lalu, sempat viral sebuah video yang menunjukkan aksi penyelamatan gajah yang dilakukan pejabat kehutanan negara India. Untuk membantu gajah kecil tersebut, sejumlah petugas menggunakan alat berat seperti ekskavator. Ekskavator tersebut digunakan untuk mendorong gajah dari bawah agar hewan tersebut bisa terdorong ke atas.

Gajah kecil tersebut terlihat berjuang untuk memanjat keluar lubang, mengingat tanah menjadi licin karena lumpur. Hewan tersebut berkali-kali tergelincir. Lantas untuk membantu sang gajah, akhirnya sebuah mesin ekskavator masuk dan mulai menggali lumpur dari sekitar gajah. 

Setelah dirasa cukup, ekskavator tersebut juga membantu sang gajah dengan mendorongnya agar bisa keluar dari lubang. Usaha penyelamatan itu berhasil. Uniknya setelah berhasil keluar dari lubang, sang gajah sempat membenturkan kepalanya ke alat ekskavator seakan mengucapkan terima kasih. 

Setelahnya, petugas menyalakan petasan kecil agar sang gajah meninggalkan daerah itu dan kembali ke hutan.

2. Aksi Penyelamatan Sapi saat Kebakaran di Pasar Kambing Tanah Abang

Pada April 2021, kebakaran hebat melalap perumahan warga di Jalan Sabeni Raya No 12 RT 01/RW 12, tepatnya di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.50 WIB.

Petugas langsung sigap datang ke lokasi untuk memadamkan api. Di balik bencana tersebut, ada satu kisah penyelamatan hewan yang heroik. Warga yang ikut membantu petugas memadamkan api juga berjibaku untuk menyelamatkan hewan yang terjebak di pasar, yaitu hewan sapi.

Aksi heroik ini terekam video dan diunggah pada akun twitter @humasjakfire. Dari video tersebut, tampak sejumlah warga mengevakuasi hewan sapi dari api yang semakin besar. Hal ini dikarenakan lokasi titik api memang dekat dengan kandang-kadang hewan peliharaan warga.

3. Menyelamatkan Dua Orangutan dari Penyelundupan

Penyelundupan hewan liar memang acapkali masih dilakukan oknum secara sembunyi-sembunyi. Pada Agustus 2020 lalu, ditemukan dua ekor Orangutan Kalimantan atau Pongo pygmaeus yang diselamatkan dari Jawa Tengah. 

Kedua primata tersebut ditemukan di lokasi yang berbeda, yaitu satu orangutan dari lembaga konservasi taman wisata tak berizin di Kendal, dan satu orangutan lain dikurung di salah satu rumah warga di Semarang.

Diketahui, penyelamatan tersebut dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar yang bekerja sama BKSDA Jawa Tengah. Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, kedua orangutan jantan ini berangkat ke Pusat Penyelamatan Orangutan di Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) melalui jalur laut. Kedua primata tersebut berangkat melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pusat Penyelematan di Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang.

Kedua orangutan mengalami malnutrisi yang berpengaruh pada pertumbuhannya. Selama perjalanan dari Jateng ke Ketapang, Kalbar, petugas turut menyiapkan kandang khusus karantina yang telah dilengkapi enrichment daun dan hammock untuk kedua primata.

Editor : Johan Sompotan


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan